Jumat, 30 Januari 2009

Remaja & Cinta


Judul buku : Remaja & Cinta
Pengarang : Abu Al-Ghifari
Penerbit : Penerbit Mujahid
Cetakan : Cetakan IX, Juni 2005
Tebal : 132 halaman

Cinta memiliki seribu satu makna. Dan sepanjang sejarah manusia, cerita-cerita yang menggambarkan tentang cinta menghiasi lembaran sejarah bahkan tak jarang menjadi sebuah cerita yang melegenda. Cinta memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Tapi hati-hati cinta dapat menjadi berhala.

“dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diinginkan, yaitu : wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, bintang-bintang ternak dan sawah lading. Itulah kesenangan hidup di dunia; dan di sisi allah-lah temapt kembali yang baik (surga).” (QS. Ali Imran : 14)

Cinta adalah keindahan sejati yang terletak pada keserasian spiritual (khalil Gibran, 2001). Cinta berarti member bukan menerima. Cinta jauh dari saling memaksakan kehendak. Cinta itu tidak menuntut tapi menegaskan dan menghargai. Cinta tidak akan pernah tercipta selagi kita belum bisa menerima perbedaan. (john Gray, Ph.D, 2002)

Secara lugas buku ini memaparkan dunia cinta remaja, serta menagajak kita memahami gelora cinta remaja dan menyelamatkan dari berhala cinta. Penulis berusaha memaparkan secara detail dengan memasukkan unsure-unsur islami sebagai filter dari selogan cinta yang amoral. Buku ini penting dibaca oleh para remaja islam. Penting juga dibaca oleh para orang tua yang ingin memberikan pengertian tentang cinta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar