Rabu, 21 Januari 2009

Ayat-ayat Cinta


Judul buku : Ayat-ayat Cinta
Pengarang : Habiburrahman El Shirazy
Penerbit : Penerbit Republika / Pesantren Karya Basmala
Cetakan : Cetakan X, Desember 2005
Tebal : 418 halaman

Novel karya sarjana al azhar university cairo, habiburrahman el shirazy, ini pantas menjadi salah satu novel best seller. Dengan bahasa yang sederhana dan mengalir serta alur yang menarik seakan membuat kita terus penasaran untuk mengikuti kelanjutan cerita yang tertuang bab demi bab di dalam novel ini. Apalagi diperkuat dengan karakterisasi yang begitu kuat dari tokoh-tokoh didalamnya, serta kemampuan penulis untuk mengajak kita menelusuri seluk-beluk mesir dengan begitu nyata hingga detail terkecilnya seakan menambah nilai yang ditawarkan oleh novel ayat-ayat cinta ini.

Berlatarbelakangkan social-budaya timur tengah, penulis mencoba menyuguhkan cerita menarik tentang kehidupan seorang mahasiswa Indonesia asal jawa timur bernama fachri yang sedang mencoba menyelesaikan studi S2 nya di universitas al azhar. Seakan menasbihkan bahwa cinta itu dapat datang kapanpun dan dimanapun, pada novel ini diceritakan selama berada di mesir fachri “diuji” dengan berbagai cobaan secara fisik dan mental tentang apa yang telah menjadi pendiriannya.

Novel inipun menawarkan sesuatu yang menarik, yaitu perbedaaan kultur ternyata tidak menjadi penghalang untuk hadirnya cinta, karena di ceritakan juga ketika ia bertemu dengan 5 orang perempuan dengan latarbelakang yang berbeda. Novel yang sangat menarik untuk kita baca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar