Jumat, 30 Januari 2009

Confession of an Economic Hit Man


Judul buku : Confession of an Economic Hit Man : Edisi Indonesia
Penulis : John Perkins
Penerbit : Penerbit Andi Tandur
Penyadur : Herman Tirtaatmaja dan Dwi Karyani
Cetakan : Cetakan XX, Juni 2005
Tebal : 278 halaman


Buku yang bercerita tentang bagaimana amerika berubah dari republik yang dihormati menjadi kerajaan yang ditakuti. Dalam cerita pribadi yang memukau in, Perkins menceritakan perjuangan pribadinya dari seorang pelayan kerajaan menjadi pejuang gigih untuk hak asasi manusia dan orang-orang tertindas. Sebagai hasil rekrutmen terselubung oleh United States National Security Agency dan tercantum sebagai penerima gaji dari perusahaan konsultan internasional, dia berkelana ke berbagai pelosok dunia ke Indonesia, Panama, Ekuador, Kolombia, Saudi Arabia, Iran dan negara strategis lainnya.

Pekerjaannya adalah menerapkan kebijakan yang mempromosikan kepentingan korporatokrasi (koalisi pemerintah, bank dan korporasi) Amerika Serikat, sambil menyatakan minat mengurangi kemiskinan suatu kebijakan yang sebenarnya mengasingkan berbagai bangsa serta menyebabkan peristiwa 11 september dan meningkatkan Anti-Amerika.

Cerita dari Perkins menjelaskan seberapa jauh dian dan teman-temannya yang mereka sebut sebagai Economic Hit Man bersedia membantu. Dia menerangkan, misalnya bagaimana dia membantu penerapan skema yang akan mengucurkan jutaan dollar dari Saudi Arabia kembali ke ekonomi amerika serikat, sekaligus juga mempererat hubungan fundamendalis di Saudi Arabia dengan pemerintah amerika.

Perkins juga memamparkan berbagai cara tersembunyi dari kerajaan untuk mengendalikan sejumlah peristiwa dramatis dalam sejarah, seperti kejatuhan shah Iran, kematian presiden Panama Omar Torrijos, dan invasi Amerika ke Panama dan Irak.

Buku Confessions of an Economics Hit Man yang sempat menuai protes agar tidak ditulis ini mengemukakan pengetahuan tentang system yang membuat globalisasi dan memicu jutaan manusia di seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar