Senin, 26 Januari 2009

Layla Majnun


Judul buku : Layla Majnun

Pengarang : Syaikh Nizami

Penerbit : Penerbit Navilia

Penyadur : Sholeh Gisymar

Cetakan : Cetakan XX, Oktober 2004

Tebal : 198 halaman


Novel yang telah disadur ke beberapa bahasa ini adalah salah satu roman cinta yang paling popular dan bertahan dari generasi ke generasi. Novel dengan judul versi arab “Qays Bin Al Mulawah, Majnun Layla” dan versi inggris “Laili And Majnun : A Poem” ini bahkan telah dicetak ulang sebanyak 20 kali sejak pertama diluncurkan tahun 2002.


Sudah tidak terhitung lagi berapa banyak syair yang dibuat, lagu yangdiciptakan, drama dan film yang dipentaskan, kajian dan diskusi yang digelar. Belum ada yang menyamai kepopuleran layla-majnun. Belum pernah ada kisah tercatat dalam sejarah ketulusan cinta melebihi cinta layla pada majnun dan cinta majnun pada layla. Bahkan menurut beberapa sumber, cerita romeo dan Juliet karya William shakespear pun memperoleh ilham dari karya nizami dari Ganjavi ini.


Inilah cinta cinta yang paling gila dari seorang yang sedang jatuh cinta dan tergila-gila pada orang yang dicintainya. Qays anak seorang yang terpandang bahkan rela menjadi seorang yang terbuang bahkan hingga dikatakan gila (Majnun) hanya untuk menemukan cinta sejatinya kembali. Novel dengan penggambaran cinta yang sangat mendalam dari seorang Qays kepada layla begitupun layla terhadap Qays. Cinta yang meleburkan identitas dirinya kedalam sebuah ikatan cinta yang tak dapat dipisahkan.


Novel yang layak untuk dibaca, bahkan bisa dikatakan tidak lengkap kadar cinta pada kekasih anda sebelum membaca kisah fenomenal Layla-Majnun ini.

1 komentar: